Pada hari Kamis, 6 Juni 2024, tim LUVTRIP melakukan kunjungan ke Desa Ciasem Baru yang terletak di Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Perjalanan sejauh 108 km ini memakan waktu 2 jam 11 menit dan terasa lebih berarti dengan sambutan hangat dari Kepala Desa, Indah Aprianti, seorang pemimpin muda yang penuh semangat dan berdedikasi. Sosoknya yang ramah saat memperkenalkan diri membuat kesan yang hangat, meskipun ia telah terkenal atau bahkan viral di media sosial.

Indah Aprianti diangkat menjadi Kepala Desa Ciasem Baru pada tahun 2021, menggantikan Hopip, kepala desa sebelumnya. Dalam proses pemilihan, Indah berhasil mengungguli tiga kandidat lainnya. Kepemimpinan Indah Aprianti sempat viral di media sosial setelah sebuah video yang diunggahnya di TikTok memperlihatkan adu mulut dengan seorang warga yang menolak pembangunan jalan di Desa Ciasem Baru. Video yang diunggah pada akun TikTok @nengkades ini telah ditonton lebih dari 1,4 juta kali. Peristiwa ini menyoroti dedikasi Indah dalam memperjuangkan pembangunan desa meski menghadapi tantangan dari beberapa warga.

 

Team LUVTRIP Bersama Kepala Desa Ciasem Baru, Indah Aprianti SH. Subang. Jawa Barat (6/6/2024) Dokumentasi: LUVTRIP

 

Baca juga berita:

LUVTRIP Kunjungi Desa Ciasem Baru: Melihat Peluang Kerjasama dalam Pariwisata dan UMKM Berbasis ESG

 

Muda, berani, berinovasi

Sebagai Kepala Desa Ciasem Baru, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Indah telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk membawa desanya menuju masa depan yang lebih baik. Motto yang diusungnya, "Muda, berani, berinovasi," mencerminkan semangat dan visi yang ia bawa dalam kepemimpinannya. Dalam melaksanakan tugasnya, Indah selalu berpegang pada prinsip "Melihat, Mendengar, dan Merasakan." Ia memahami bahwa pengalaman hidupnya sejak kecil di Desa Ciasem Baru serta pengalamannya di Kementerian Desa PDTT memberinya wawasan mendalam mengenai aspek-aspek yang perlu diperbaiki di desanya.

Berbekal pengalaman tersebut, Indah siap membawa perubahan dan peningkatan di Desa Ciasem Baru melalui 10 program kerja prioritas yang mencakup berbagai bidang, dengan visi dan misi untuk memajukan Desa Ciasem Baru yang lebih INDAH sesuai kebutuhan masyarakat dan berlandaskan SDGs Desa (Sustainable Development Goals Desa). Program-program prioritas ini meliputi kesehatan, keterbukaan publik, layanan masyarakat, kesejahteraan masyarakat, desa wisata, sumber daya manusia, kebersihan desa, pertanian, pemuda dan olahraga, serta keagamaan (Instagram @Indiraindh).

Dengan pendekatan yang inovatif dan transparan, Indah berusaha untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Ciasem Baru. Salah satu fokus utamanya adalah mengembangkan desa wisata sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, Indah juga memperhatikan pentingnya kebersihan desa dan kesehatan masyarakat, dengan menyediakan layanan kesehatan yang lebih baik dan program-program kebersihan yang efektif.

Indah juga dikenal dengan beberapa program seperti "Jumat Bersih" atau Jumsy, yang melibatkan masyarakat dan karang taruna dalam kegiatan membersihkan sampah di pinggir jalan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan kebersihan desa. Selain itu, penggunaan Dana Desa juga diarahkan untuk program ketahanan pangan dengan menormalisasi saluran irigasi persawahan dan menyerap tenaga kerja lokal melalui program Padat Karya Tunai Desa.

 

Kemitraan dalam Pariwisata, UMKM, dan Ekonomi Sirkular Berbasis ESG

Kunjungan ke Desa Ciasem Baru menandai langkah signifikan dalam perjalanan LUVTRIP untuk memberdayakan komunitas lokal dan mempromosikan pembangunan berkelanjutan yang fokus pada aspek lingkungan, social, dan tata kelola yang baik (environmental, social, and governance / ESG). Dalam upaya ini, LUVTRIP berkomitmen untuk mendukung UMKM melalui pengembangan komunitas terpadu, inovasi, dan digitalisasi. Fokus utama juga diberikan pada sektor pariwisata, mengingat Desa Ciasem Baru telah mendaftarkan diri sebagai desa wisata ke Kementerian Pariwisata dan masih menunggu informasi lebih lanjut. Selain itu, pengelolaan sampah dengan pendekatan ekonomi sirkular menjadi area kerjasama potensial yang sejalan dengan visi dan misi LUVTRIP.

Kemitraan ini selaras dengan visi dan misi LUVTRIP untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan dan menciptakan transformasi positif di sektor UMKM dan pariwisata, dengan memberdayakan komunitas lokal melalui pariwisata berkelanjutan dan inovasi digital. Visi LUVTRIP adalah mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan dan menciptakan transformasi positif di sektor UMKM dan pariwisata, sementara misinya adalah memberdayakan UMKM dan sektor pariwisata guna memperkuat pertumbuhan ekonomi lokal.