LUVTRIP.ID Yuk kunjungi bangunan Kesultanan Buton masih ada sampai sekarang, yaitu benteng keraton Buton yang megah dan tinggi di kota Bau Bau.

Berwisata ke tempat sejarah memang menyenangkan. Selain bisa mendapatkan banyak pelajaran, kamu juga bisa menikmati keindahan alam yang disajikan, beserta pesona bangunan sejarah yang masih kokoh hingga sekarang. Salah satu tempat sejarah yang bisa kamu kunjungi berasa di lokasi Baubau, Sulawesi Tenggara. Daripada penasaran, yuk simak informasinya berikut ini.

Baubau: Kota Julukan Seribu Benteng Terkenal di Dunia

Perlu diketahui, sejarah singkat kota Baubau awalnya bermula dari pusat pemerintahan Kabupaten Buton, yakni tahun 1959 sampai 2001. Lalu, menjadi kota administrasif di tahun 1982-2001, hingga akhirnya menjadi pusat pemerintahan kota Baubau dari Pemekaran Kabupaten Buton, sejak tahun 2001 sampai sekarang.

Selain pusat pemerintahan, kota Baubau juga menjadi mata-rantai perekonomian laut Indonesia di masa lampau. Meskipun begitu, banyaknya peninggalan sejarah di kota ini, menjadikan Baubau terkenal dan lebih banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun turis asing.

Salah satu peninggalan sejarah paling menarik orang-orang untuk berkunjung kesini adalah benteng keraton Buton. Benteng tinggi nanti megah ini menjadi sorotan banyak orang, bahkan terkenal ke berbagai negara di dunia.

Sebenarnya, apa itu benteng keraton Buton? Simak ulasannya di bawah ini.

Benteng Keraton Buton: Salah Satu Tempat Sejarah di Kota Baubau

Kota Baubau pernah menjadi pusat Kesultanan Buton yang merupakan salah satu kerajaan Islam terbesar di Sulawesi Tenggara. Hal menarik dari Kesultanan Buton adalah tidak pernah dijajah oleh bangsa asing, dikarenakan memiliki pertahanan wilayah kuat hingga diakui oleh dunia sampai saat ini.

Salah satu bukti kekuatan atau pertahanan Kesultanan Buton masih ada sampai sekarang, yaitu terdapat benteng keraton Buton yang megah dan tinggi di kota Baubau. Dikatakan, benteng keraton Buton memiliki luas lebih dari 20 ribu hektar, lho.

Benteng keraton Buton juga memiliki lokasi strategis yang berada di puncak bukit, sehingga mampu menampilkan pemandangan luar biasa indah yang belum pernah kamu lihat sebelumnya.

Tempat sejarah ini terbuka untuk umum, sehingga kamu bisa datang kesini bersama keluarga. Akses masuknya juga mudah, sebab akses keluar masuk tempat wisata sudah menjadi jalan umum bagi masyarakat disana. Konon, masyarakat yang tinggal di dalam benteng disebut sebagai keturunan raja waktu itu, lho.

Jika kamu sudah memasuki kompleks wisata benteng keraton Buton, maka disana akan disambut oleh pemandangan laut indah yang dilihat dari atas bukit. Menariknya, kamu bisa berselfie ria di dinding benteng dengan jejeran meriam di setiap sisi benteng.

Saat pertama kali menjejakkan kaki di benteng tersebut, suasana abad 15 langsung begitu terasa. Untuk menambah pengetahuan terkait Kesultanan Buton, kamu bisa datang ke museum kebudayaan. Wolio yang dulunya pernah menjadi istana kesulitan Buton.

Disini, kamu bisa mendapatkan informasi terkait sejarah dan kebudayaan Buton lebih jauh lagi. Kamu juga dapat melihat koleksi peninggalan sejarah, serta melihat bagaimana gaya hidup masyarakat Buton tempo dulu.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat sejarah di kota Baubau, salah satunya benteng keraton Buton. Bagi kamu yang penasaran dengan tempat ini, yuk datang langsung kesini bersama teman maupun keluarga.