LUVTRIP.ID Kamu penikmat senja, pemburu sunset? Melewatkan Batusori sebagai salah satu ikon wisata di Palabusa bisa membuat kamu menyesal, lho. Bagaimana tidak, Batusori yang terletak di Kota Baubau ini menawarkan pengalaman menikmati senja yang tidak biasa, dengan pemandangan yang eksotis dan menyenangkan mata, di pesisir pantai. Dengan begini, gegalauan bersama teman tongkrongan, atau membangun suasana romantis bersama pasangan tentu akan semakin terasa menyenangkan bukan?

 

Wisata Batusori Bagi Para Penikmat Senja

Bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, dan ingin merasakan suasana sunset dengan lebih dalam? Berkunjung ke Batusori bisa menjadi jawabannya. Tempat wisata yang sedang naik daun ini, terletak di Palabusa, Kecamatan Lea-lea, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

 

Bagi kamu yang penasaran, tempat wisata Batusori ini mungkin bisa dibilang menyerupai tempat wisata Tanah Lot yang berada di Bali. Namun, kedua tempat wisata ini tentunya berbeda dan memiliki keunikannya tersendiri. Terletak di antara Pulau Buton dan Pulau Muna, wisata Batusori ini menawarkan pemandangan menikmati senja di selat Buton, yang juga merupakan daerah yang sering dilewati oleh Kapal Cepat dari Kendari.

 

Untuk mencapai Batusori itu sendiri, kamu perlu meniti sebuah jembatan ikonik yang sedikit panjang di atas air permukaan laut. Meskipun begitu, karena pemandangan bahari yang indah dan ada banyak spot kekinian di sepanjang jalan, maka sambil berfoto-foto di jembatan ini akan membuat perjalanan tidak terasa melelahkan sama sekali. Ditambah lagi, pada sepanjang jembatan ini juga telah tersedia gazebo mini yang disebut Gode gode, yang bisa digunakan untuk bersantai dan beristirahat sejenak.

 

Adapun bagi kamu yang ingin menikmati sunset ataupun menanti sunrise, berkemah di sekitar pantai Batusori ini merupakan aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama teman-teman. Aktivitas ini juga akan ditemani oleh kuliner-kuliner lezat khas Baubau yang dijamin akan membuat liburan kamu terasa lebih berkesan. Kapan lagi bisa sunset-an sambil ditemani deburan ombak, kuliner yang lezat, hingga gemerlap bintang indah di langit malam Palabusa yang cerah.

 

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Batusori

Untuk sebuah tempat wisata yang tergolong masih relatif baru (diresmikan pada tahun 2019 silam), Batusori telah mampu menawarkan fasilitas-fasilitas yang dijamin bakal mampu membuat liburan kamu terasa lebih nyaman. Dalam hal ini, pihak pengelola dan juga pemerintah telah menyediakan gazebo-gazebo mini untuk beristirahat sejenak, cottage bergaya tradisional dan unik yang bisa digunakan untuk bermalam, serta fasilitas umum pendukung lainnya, seperti warung-warung tempat kuliner, toilet umum, serta tempat sampah yang mudah ditemui di setiap sudut tempatnya.

 

Lalu bagaimana dengan harga tiket masuknya? Berbicara soal tarif yang dikenakan untuk masuk di tempat wisata yang satu ini, kamu mungkin akan sedikit terkejut. Sejak pertama kali diresmikan, biaya masuk ke tempat wisata yang elok dan indah ini hanyalah sebesar Rp 2.000 saja per orangnya. Sangat murah, bukan? Pantas saja tempat wisata yang satu ini sangat populer. Biaya masuknya saja bahkan lebih murah dari sebungkus mie instan, lho. Perlu diketahui bahwa biaya tiket masuk ini seluruhnya akan diperuntukkan untuk pengembangan tempat wisata, agar bisa lebih baik lagi kedepannya.

 

Nah, itulah dia ulasan singkat mengenai tempat wisata Batusori yang bisa dijadikan spot untuk menyaksikan terbenamnya matahari. Bagi kamu pecinta alam, singgah di tempat wisata Batusori yang satu ini adalah suatu keharusan yang tidak bisa dilewatkan.