LUVTRIP.ID - Salah satu Tempat Wisata Religi di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara Indonesia yang Populer yaitu Masjid Al-Muqarrabin Syafyi Shaful Mu'min atau lebih dikenal dengan Masjid Agung Wolio.

 

Masjid Agung Wolio adalah sebuah masjid bersejarah yang berlokasi di Kota Baubau, Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Masjid Agung Keraton Wolio/Buton menjadi saksi sejarah berdirinya Kerajaan dan Kesultanan Buton di masa lampau serta masuknya peradaban Islam di Tanah Buton.

 

Masjid ini dibangun pada tahun 1712 oleh Sultan Sakiuddin Durul Alam Kesultanan Buton dan merupakan lambang kejayaan Islam pada masa itu. Para ahli meyakini masjid ini adalah masjid tertua di Sulawesi Tenggara. Sejatinya ada masjid lain yang lebih tua dibangun pada masa Sultan pertama Buton, Kaimuddin Khalifatul Khamis (1427-1473).

 

Untuk mengenal lebih jauh peradaban masuknya Islam di Tanah Kepulauan Buton dan bagaimana tradisi budaya masih berdampingan dengan keyakinan yang dianut oleh masyarakat lokal disini, kalian dapat berkunjung ke Benteng Wolio untuk melihat dan mendengar secara langsung cerita serta keunikan yang terjadi didalam Masjid Agung Keraton Buton. Salah satu keunikan dalam Masjid ini ialah perangkat Masjid dan beberapa peninggalan bersejarah yang masih dapat kalian lihat secara langsung.

 

Bagaimana? Kamu penasaran ingin melihat secara langsung? Yuk, segera berkunjung ke Kota Baubau.