LUVTRIP.ID - Buat kamu, khususnya para warga Sulawesi yang ingin menikmati keindahan Pulau Bali, sekarang kamu tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke Bali. Berkunjung ke little Bali nya Baubau yang berada di desa Karing Karing, Kecamatan Bungi, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, dijamin seru, asyik, dan tidak kalah seru, lho. Seperti apa desa little Bali nya Baubau tersebut? Yuk kenalan lebih lanjut!

 

Mengenal Little Bali nya Baubau, Karing Karing

Desa yang dihuni oleh kurang lebih 480 kepala keluarga ini, telah menarik banyak wisatawan bukan hanya dari lokal saja, akan tetapi juga wisatawan internasional, lho. Suasana Bali sangat terasa di desa Karing Karing ini, karena mayoritas masyarakat yang beragama Hindu. Ketika berkunjung, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan khas yang mirip dengan di Bali, seperti banyak menemukan rumah ibadah agama Hindu, beserta patung sesembahannya. Selain itu, kamu juga akan sering melihat sesajian khas Bali di sana, mengingat masyarakat desa ini yang masih sangat memegang teguh adat istiadat nenek moyangnya. Tidak heran, desa tersebut disebut sebagai little Bali nya Baubau.

 

Desa ini sangat unik. Kenapa? Karena kamu bisa melihat dan menikmati dua budaya sekaligus di sana. Jika di Bali kamu hanya dapat melihat budaya Bali saja, di Karing Karing kami bisa melihat budaya Bali dan Budaya Buton Raya. Tidak hanya dari segi kebudayaannya saja, kamu juga akan disuguhkan pemandangan indah nan teduh. Sejauh mata memandang, kamu akan melihat hamparan sawah yang begitu luas dan pepohonan yang rindang. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berwisata di daerah pedesaan yang asri, untuk menghilangkan penat dari rutinitas kota yang melelahkan.

 

Kamu bisa mengajak keluarga, teman atau sahabat kamu untuk berkunjung ke Karing Karing, mengingat tempatnya yang sangat nyaman dan aman. Bagi kamu yang suka foto-foto, di Karing Karing ini juga banyak ditemui spot foto indah yang bisa kamu abadikan. Pemerintah dalam hal ini menyediakan tempat wisata yang juga tidak kalah dengan Bali yang asli. Beberapa tempat memiliki kolam renang, cafe dan tempat makan yang cukup luas dan nyaman untuk dikunjungi.

 

Nah, berkunjung di desa ini rasanya tidak lengkap jika belum mencoba kuliner khas Karing Karing. Walaupun wilayah ini dikenal sebagai little Bali, tetapi makanan yang disajikan kepada pengunjung tetaplah makanan khas Baubau. Salah satu makanan khas Baubau diantaranya adalah lapa-lapa. Lapa-lapa adalah makanan yang berbahan dasar beras, yang dimasak dengan campuran santan segar yang kemudian dibungkus dengan janur kelapa. Nah, Lapa-lapa ini sangat cocok dinikmati dengan opor ayam atau pun sate daging.

 

Sejarah Singkat Karing Karing

Sejarah Karing Karing ini bermula dari masyarakat asli Bali yang melakukan transmigrasi ke Kota Baubau pada tahun 1978an. Mereka berasal dari berbagai daerah seperti Bangli, Badung, Singaraja, Tabanan dan Karangasem. Mereka hidup berdampingan dengan masyarakat Baubau sejak puluhan tahun lamanya. Selama itu pula, hidup dengan perbedaan budaya tidak pernah menjadi masalah, justru membuat para pendatang dari Bali dan masyarakat Baubau itu sendiri, mampu hidup rukun dan damai satu sama lain.

 

Masyarakat asli Bali yang melakukan transmigrasi ke Kota Baubau kemudian tinggal di satu kawasan yang sama. Walaupun tinggal di daerah yang baru, masyarakat asli Bali tetap memegang teguh budaya mereka dalam kehidupan. Mereka hidup beranak cucu dan berkembang di desa Karing Karing. Itulah sebabnya, desa Karing Karing disebut-sebut sebagai little Bali nya Baubau.