LUVTRIP.ID - Melarikan diri sejenak dari rutinitas pekerjaan yang melelahkan memang sangat diperlukan pada beberapa kesempatan. Nah, agar liburan sejenak ini dapat lebih bermakna dan benar-benar dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin, menyusun rencana itinerari seharian merupakan suatu hal yang penting. 

Namun sebelum itu, tentu kamu harus menentukan terlebih dahulu, destinasi wisata yang diinginkan. Bagi pecinta alam, khususnya dengan pemandangan bukit savana yang luas, serta ditambah dengan pemandangan laut biru yang mengagumkan, maka berwisata seharian di Bukit Lamando bisa menjadi pilihan yang tepat. Berjarak kurang lebih hanya sekitar 30-45 menit dari pusat Kota Baubau, Bukit Lamando yang terletak di Sampola, Buton Selatan ini berada pada ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut.

 

Merencanakan Itinerari Seharian Bukit Lamando 

Bagi kamu yang ingin merasakan liburan namun tidak memiliki waktu yang cukup banyak, memilih menjelajahi Bukit Lamando selama seharian bisa menjadi alternatif terbaik. Perjalanan menuju bukit ini akan membuat kamu takjub dan terkagum-kagum karena keindahan alamnya yang tiada tara. 

Berikut ini adalah perencanaan itinerari seharian di Bukit Lamando yang bisa kamu jadikan referensi untuk sweet escape-mu. 

1.      Merencanakan Perjalanan

Mula-mula, kamu perlu menentukan rencana waktu perjalanan yang akan dilangsungkan. Apakah sehari, dua hari, atau tiga hari (usahakan jangan lebih dari 3 hari ya, mengingat kerjaan di kantor tetap menjadi tanggung jawab yang tidak bisa ditinggalkan). Dalam perencanaan ini, kamu perlu mempertimbangkan transportasi yang akan digunakan, apakah waktunya cukup santai atau agak sedikit dipercepat, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa merencanakan akan melakukan apa saja begitu sampai di tempat tujuan, agar waktu selama di Bukit Lamando yang indah tersebut tidak terbuang dengan sia-sia. 

2.      Dari Kota Baubau Menuju Rongi

 Perjalanan menuju Bukit Lamando pada dasarnya terbilang cukup mudah. Dari Kota Baubau, pertama-tama kamu perlu mengarahkan tujuan ke Desa Rongi, tempa Bukit Lamando berada. Untuk mencapai desa ini, kamu bisa memilih dua alternatif, apakah melalui sisi selatan dari Pulau Buton, dengan menyusuri garis pantai dengan pemandangan laut biru, ataukah dengan melalui jalur kabupaten, dengan menyusuri tepian dari hutan lindung Lambusango. Jalur pertama memang terbilang lebih indah, namun sedikit berat untuk dijalani, karena memakan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 2-3 jam-an. Adapun pada jalur yang kedua, hanya dibutuhkan waktu selama kurang lebih 1 jam-an saja. Dalam hal ini mempertimbangkan kefleksibelan waktu menjadi sangat penting, bukan? 

3.      Muncak di Bukit Lamando

Setelah mencapai desa Rongi, selanjutnya kamu perlu menempuh perjalanan dengan berjalan kaki untuk mencapai puncak, demi mendapatkan pemandangan dari Bukit Lamando yang indah tiada tara. Namun, kamu tidak perlu khawatir akan merasa bosan, ataupun kecapean, karena pemandangan hamparan bukit-bukit sabana yang indah akan mampu melepas penat sepanjang perjalanan. 

Pastikan kamu telah memperhitungkan waktu yang diperlukan, agar bisa mengejar sunset dengan tepat waktu di puncak Bukit Lamando. Nah, setelah puas menyaksikan indahnya sunset, kamu dan teman-teman bisa mendirikan tenda di Bukit Lamando, untuk selanjutnya menikmati pesona langit penuh bintang di langit malam yang cerah, dan juga gemerlap lampu perkampungan desa Rongi yang terasa magical. Kamu bisa mengisi kegiatan berkemah ini dengan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya, yang kemudian dilanjutkan dengan mengejar sunrise di pagi harinya. 

Nah itulah dia itinerari selama seharian yang bisa kamu lakukan di Bukit Lamando, Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan. Bagaimana, terdengar menyenangkan sekaligus menenangkan bukan? Dengan rencana itinerari di Bukit Lamando ini, dijamin liburan singkat kamu akan terasa sangat bermakna, berkesan, dan juga menggembirakan.