LUVTRIP.ID - Penasaran dengan di mana lokasi serta hal menarik apa saja yang bisa dilakukan di Benteng Keraton Buton terletak di kota Baubau? Yuk Simak artikel ini

Mengapa tidak mengunjungi provinsi Sulawesi Tenggara, tepatnya di Baubau. Di sana ada Benteng Keraton Buton yang diklaim merupakan yang terluas di dunia. Penasaran dengan di mana lokasi serta hal menarik apa saja yang bisa dilakukan di tempat tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini

Lokasi Benteng Keraton Buton

Pertama, kamu perlu tahu lokasi tepatnya Benteng Keraton Buton. Jadi, Benteng terluas di dunia ini ada di alan Labuke, Melai, Murhum, Melai, Murhum, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Dari pusat kota BauBau, mungkin jaraknya sekitar 3km. Dengan berkendara kurang lebih bisa dicapai dalam waktu 5 menit saja dari pusat kota.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka

Setelah tahu lokasinya, kamu mungkin penasaran dengan berapa harga tiket masuknya. Sama dengan tempat wisata lainnya, ketika ingin mengunjungi Benteng Keraton Buton ini pengunjung perlu membayar biaya masuk. Namun tenang, biayanya cukup murah kok, yaitu sebesar Rp5.000,- saja.

Lalu bagaimana untuk jam bukanya? Salah satu tempat wisata andalan kota BauBau ini buka setiap hari. Jadi kamu bisa mengunjunginya kapan saja. Mulai dari weekdays maupun weekend, selama ada waktu yang cocok untuk pergi.

Hal-hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Benteng Keraton Buton 

Melihat Pemandangan Menakjubkan Kota Baubau Dari Ketinggian

Sebagai informasi saja, Benteng Keraton Buton ini dibangun di atas puncak bukit dengan ketinggian mencapai 100 meter mdpl. Dari atas, kamu bisa melihat dengan jelas pemandangan kota Baubau yang indah. Sesekali, pengunjung juga bisa menjumpai hilir mudik kapal di selat Buton.

Tampilan benteng yang indah bisa jadi spot foto terbaik. Benteng Keraton Buton ini punya desain yang cantik. Terbuat dari batu karang dan gunung yang direkatkan menggunakan campuran pasir, kapur, dan putih telur. Bisa jadi pengalaman paling berkesan saat mengunjungi tempat ini.

Belajar Tentang Beberapa Peninggalan Sejarah Kesultanan Buton

Benteng Keraton Buton bisa jadi lokasi wisata sekaligus edukasi terbaik. Di dalamnya, kamu bisa secara langsung mengatahui beberapa peninggalan sejarah kesultanan Buton. Diantaranya seperti bangunan masjid yang sudah dibangun sejak tahun 1712.

Selain itu, kamu juga akan menjumpai batu keramat bernama Popaua. Batu tersebut dulunya dipakai untuk pengambilan sumpah para raja Buton. Ada pula semacam tiang dengan panjang 21 meter, yang dipakai untuk mengibarkan bendera kesultanan hingga sekarang. Kamu juga akan menjumpai rumah adat BauBau bernama malige yang unik dan aestetik di dalamnya.

Hunting Foto Karena Banyak Spot Terbaik

Lokasi Benteng ini memang sangat cocok bagi penggemar fotografi. Kamu bisa menggunakan pemandangan sekitar benteng sebagai background foto. Beberapa peninggalan kerajaan juga boleh kamu abadikan sebagai kenang-kenangan. Pastinya, harus diingat jika benteng tersebut adalah cagar budaya. Kamu harus hati-hati agar tidak merusaknya.

Berwisata Sambil Berolah Raga Karena Benteng Cukup Luas

Perlu diketahui, Benteng Keraton Buton ini memang sudah menjadi benteng terluas di dunia. Luasnya bahkan mencapai 23,375 hektare dengan panjang keliling tembok 2.740 meter. Bisa dibayangkan sendiri seluas apa lokasi tersebut. Membuat pengunjung serasa rekreasi sambil olahraga saat mengelilingi seluruh sudut benteng.

Bersantai Sembari Menikmati Udara Segar

Lokasi benteng ini dibuat di atas bukit dengan ketinggian sekitar 100 meter mdpl. Suasana sejuk sudah pasti akan langsung dirasakan pengunjung. Inilah sebabnya, bagi yang mau menenangkan diri atau refreshing, wajib berkujung ke lokasi tersebut. Udara sejuk disekitar benteng bisa membuat pikiran tenang dan rileks kembali.

Cukup banyak bukan hal-hal menarik yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke Benteng Keraton Buton? Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika mencoba pergi ke sana sesekali ketika hari libur. Dijamin akan memberikan pengalaman berharga tak terlupakan.