Purworejo, Jawa Tengah - Forum Komunikasi (FK) Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Jawa Tengah menggelar acara akbar bertajuk "Festival Kuliner: Sego Bungkus Godhong" pada 27-28 Januari 2024 di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Acara ini merupakan pertemuan ke-13 FK Pokdarwis Jawa Tengah, yang dihadiri oleh lebih dari 100 Pokdarwis dari seluruh Jawa Tengah.

Pertemuan ini diisi dengan berbagai kegiatan bermanfaat, termasuk sesi berbagi pengalaman tentang pengelolaan desa wisata dan diskusi kelompok. Acara juga dimeriahkan dengan festival kuliner sego bungkus yang diikuti oleh 60 Pokdarwis. Beberapa hidangan sego bungkus yang menarik perhatian antara lain Sego Kethek dari Kandri, Sego Jangkrik, Sego Kepel dari Kudus, Sego Ponggol dari Brebes, dan Sego Iriban dari Desa Wisata Lerep, Kabupaten Semarang. Dalam festival ini, Sego Iriban dari Desa Wisata Lerep berhasil meraih Juara I.

Acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai instansi, seperti Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Generasi Pesona Indonesia (GENPI) Jawa Tengah, Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Purworejo, dan Pemerintah Desa Somongari.

Dalam kesempatan tersebut, PT Temu Ruang Inovasi (LUVTRIP) hadir sebagai tamu undangan dan bersepakat dengan FK Pokdarwis se-Jawa Tengah untuk menjalin kerjasama di bidang pelatihan, digitalisasi, dan pengembangan produk UMKM/industri guna mendukung pengembangan potensi pariwisata di Jawa Tengah. LUVTRIP percaya bahwa kolaborasi antara teknologi, pemberdayaan, dan inovasi sosial dapat mempercepat realisasi manfaat ekonomi, sosial, dan budaya di sektor pariwisata.

Penandatanganan kesepakatan ini diwakili oleh Ketua Umum FK Pokdarwis Jawa Tengah, Bapak Yani Setiadiningrat, dan Chief of Marketing Officer LUVTRIP, Kharisma Bintang Alghazy. Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat desa, pengunjung, dan pemerintah daerah di Jawa Tengah.

 

 

A banner on a wall

Description automatically generated

Pertemuan FK Pokdarwis Jawa Tengah ke XIII. Desa Somongari. Purworejo. Jawa Tengah (27-28/01/2024) Dokumentasi: LUVTRIP

 

 

Two people writing on paper

Description automatically generated

Penandatangan Kesepakatan FK Pokdarwis Jawa Tengah – PT Temu Ruang Inovasi (LUVTRIP). 

Desa Somongari. Purworejo. Jawa Tengah (27/01/2024) Dokumentasi: LUVTRIP

 

 

Two men standing next to each other holding papers

Description automatically generated

Penandatangan Kesepakatan FK Pokdarwis Jawa Tengah – PT Temu Ruang Inovasi (LUVTRIP). 

Desa Somongari. Purworejo. Jawa Tengah (27/01/2024) Dokumentasi: LUVTRIP