LUVTRIP.ID: Pada tanggal 27-29 April 2023, Festival Kande Kandea Tolandona telah sukses dilaksanakan di Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara. Acara yang berlangsung selama tiga hari penuh ini berpusat di lapangan sepak bola Tolandona, Kecamatan Sangia Wambulu.

Sebelum acara puncak, diadakan serangkaian kegiatan seni dan budaya yang mencakup berbagai tari-tarian, atraksi budaya, ketangkasan, dan pameran UMKM. Kegiatan ini telah menambah keceriaan dan keanekaragaman dalam Festival Kande Kandea Tolandona.

Tidak hanya itu, Festival Kande Kandea Tolandona juga dimasukkan ke dalam agenda nasional Karisma Event Nusantara (KEN). Hal ini menunjukkan bahwa acara ini penting dan layak untuk dihadiri oleh masyarakat Indonesia dari berbagai daerah.

Acara ini mengusung tema "KANDE-KANDEA DI TANAH LELUHUR KSATRIA, LESTARIKAN TRADISI KEJAYAAN KEPULAUAN BUTON".

Tema ini menandakan bahwa Festival Kande Kandea Tolandona bukan hanya acara untuk merayakan kebersamaan, tetapi juga untuk melestarikan tradisi dan kejayaan Kepulauan Buton.

Dengan tema yang diusung, diharapkan masyarakat Indonesia dapat lebih mengenal dan mencintai tradisi Kande Kandea yang ada di Kepulauan Buton. Selain itu, Festival Kande Kandea Tolandona juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan antara masyarakat Buton dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Bagi Anda yang belum sempat menghadiri Festival Kande Kandea Tolandona tahun ini, jangan khawatir karena masih banyak kesempatan untuk mengenal dan mencintai kebudayaan Kepulauan Buton. Mari kita dukung upaya pelestarian tradisi dan kejayaan daerah kita dengan berpartisipasi dalam kegiatan seni dan budaya yang diadakan di daerah-daerah sekitar. Mari jaga keanekaragaman budaya Indonesia dan mempererat persatuan dan kesatuan sebagai bangsa. Terima kasih telah membaca!