LUVTRIP.ID - Saat Anda berkunjung ke kota Baubau, tepatnya ke Pulau Buton, provinsi Sulawesi Tenggara, ada baiknya Anda mengunjungi tempat wisata sejarah yang sudah terkenal di dunia ini. Tempat wisata tersebut bernama Benteng Keraton Buton. Nah, bagi kamu yang tertarik, namun belum tahu rute beserta hal lain yang mesti dilakukan, maka bisa mengikuti panduannya berikut ini.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Berkunjung ke Benteng Keraton Buton?

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Benteng Keraton Buton, maka bisa datang pada musim kemarau. Biasanya, musim ini terjadi antara bulan Juni sampai November. Jadi, kamu bisa datang diantara bulan tersebut, untuk menjelajahi Benteng Keraton Buton dengan menyenangkan, tanpa takut kehujanan.

Bagaimana Cara Menuju ke Pulau Buton?

Apabila kamu ingin datang ke Benteng Keraton Buton yang ada di pulau Buton, maka tujuan utamanya adalah kota Baubau. Untuk datang ke lokasi ini, kamu bisa memilih dua cara alternatif, yaitu menggunakan pesawat terbang atau pesawat laut.

Jika kamu dari Jakarta, maka bisa menggunakan penerbangan Lion atau Wings Air dengan tujuan bandara Betoambari Baubau. Biasanya, rata-rata penerbangan harus transit terlebih dulu di Makassar atau kendari. Estimasi waktu yang akan ditempuh yaitu sekitar 5 jam dengan harga tiket sekitar Rp. 1.850.000 (harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah).

Namun, jika kamu ingin menggunakan kapal laut, maka bisa menggunakan kapal milik Pelni dari Jakarta, yang ada di Pelabuhan Tanjung Priok.

Kapal Pelni akan menempuh rute pelayaran dari Jakarta ke Surabaya, lalu Makassar dan sampai di Baubau dengan estimasi waktu maksimal 3 hari. Untuk harga tiketnya sendiri sekitar Rp. 451.000 per orang dan bisa kamu pesan di situs resmi pelni sendiri.

Jika kamu ingin menghemat waktu sekaligus mendapatkan bonus pemandangan kota Kendari dan sekitarnya, maka bisa memilih perjalanan menggunakan pesawat dari bandara Haluoleo. Biasanya, harga tiket yang tersedia sekitar Rp. 460.000, kemudian dilanjutkan dengan mobil rental yang ada di bandara menuju pelabuhan Nusantara Kendari.

Nah, setelah sampai di pelabuhan Nusantara, kamu bisa membeli tiket kapal cepat yang ada dia area pelabuhan. Biasanya, tarif yang dikenakan sekitar Rp. 193.000/orang dan tersedis setiap hari mulai pukul 7.30 sampai 13.00 WITA.

Sepanjang perjalanan ke arah kota Baubau, kamu akan menikmati pemandangan indah laut serta pulau-pulau cantik berpasir putih yang terbentang luas.

Sebelum Menjelajah Benteng Keraton Buton, Pastikan Kamu Sudah Menentukan Tempat Penginapan Dulu

Jika sudah tiba di kota Baubau, kamu harus mencari penginapan terlebih dulu agar bisa menyimpan barang-barang yang dibawa.

Apabila ingin menginap di penginapan murah dengan keamanan terjamin, kamu bisa memilih penginapan di sekitar pantai Kamali. Disini, banyak sekali hotel serta beragam penginapan yang bisa kamu pilih. Tarifnya mulai dari Rp. 150.000 per malam sampai Rp. 200.000 per malam.

Pilih Sarana Transportasi Untuk Menuju Benteng Keraton Buton

Jika sudah berhasil menentukan penginapan dan menyimpan barang-barang, kini saatnya kamu menjelajahi tempat wisata di kota Baubau, salah satunya Benteng Keraton Buton.

Untuk menuju Benteng ini, kamu bisa memilih sarana transportasi yang akan digunakan, seperti ojek online, tadi, rental mobil, rental motor, bentor, dan lainnya. Tarif sewa mobil biasanya sekitar Rp. 350.000/hari. Sementara sewa motor mulai dari Rp. 80.000/hari.

Untuk keperluan menyewa, kamu perlu menyiapkan data KTP serta data pendukung lainnya. Nah, kalau sudah siap, silakan kunjungi langsung benteng Keraton Buton saat itu juga dan nikmati keindahan Benteng serta pemandangan di sekitarnya.